Senin, 02 November 2009

Tips Belajar SKS (Sistem Kebut Semalem)



SKS.. hmm.. tak bisa dikatakan dgn kata-kata.. ide pokoknya adalah kita belajar saat hari2 ujian, sebelumnya kita tak pernah belajar.. pernah dibaca siy buku2 nya tapi kurang serius.. dan saat malam ujian itulah biasanya qt merasakan dan mulai bingung akan ujian esok harinya.. dan mengambil keputusan mengejar waktu dalam semalam mencerna semua bahan ujian ( diupayakan masuk semua keotak dalam waktu terbatas semalaman )

Menurut survei lembaga yg tak pernah berdiri.. ( ya loh..?/) semua pemuda/i, pelajar/i, mahasiswa/i, siswa/i, semuanya tak terkecuali ibu2 dan bapak2..pernah melakukan kegiatan SKS baik disengaja maupun tidak disengaja, baik terpaksa maupun memaksakan, baik kemudian hasilnya memuaskan, setengah memuaskan, tdk memuaskan.. SKS adalah alternatif ....
dari pengertian SKS diatas bs disimpulkan bbrpa penyebab SKS antara lain:

  1. Kebiasaan suka menunda2 belajar , atw
  2. Merasakan cukup mampu untuk belajar sehari sblm ujian ( kaum ningrat, ah bkn, anak2 cerdas), atw
  3. Adanya halangan yang menyebabkan tak sempat membuka2 buku di hari2 sebelumnya (halangan2 yang dibuat2 ato mmg takdir Yang Maha Kuasa ), atw
  4. Kurang responsible terhadap alam semesta, misalnya g sadar dgn adanya ujian esok hari, atw
  5. Hobi dan Kegemaran, atw
  6. Kurang percaya diri, kurang siap dengan penguasaan materi, atw
  7. Bercita-cita jadi pembalap sehingga dalam belajar pun sering ngebut2an, atw
  8. Malessyndorme (pengalaman pribadi), atw
  9. Penyebab2 lain yang masuk akal tentunya (percaya diri akan postingan sendiri yang tepat akurat..ahaha)

Penggunaan atau/atw dimaksudkan apabila satu penyebab tdk tercapai, SKS tetap terpenuhi dan terjadi.. hoho

bagaimana dgn sukses tidaknya SKS kita ?

Setelah menimbang-nimbang, dan menerima masukan dari teman2 buat membagikan tips2 agar kita dapat sukses SKS akhirnya boleh lah,, ( tips gak jelas..) ada bbrpa tips agar SKS bs berjalan lancar dan berakhir kesuksesan.. ( sukses ujian, belajar puas, mata loyo, tepar setelah ujian..ahaha) :

  • Usahakan kondisi badan dalam keadaan Fit dan siap tempur (selayaknya akan berpergian jauh menggunakan sepeda kumbang, kita memakai helm standar, jaket, sepatu, sarung tangan dll begitu pula sebelum SKS )

Beberapa detik sebelum SKS :
  1. Cukup tidur siang, karena ngantuk di malam hari bs mengurangi efek SKS
  2. Makan secukupnya, apabila berlebihan bs mengakibatkan ngantuk
  3. Sedia buku pelajaran yang akan dibaca lengkap semua bahan yang akan di pelajari, setelah terkumpul susun strategi apa yg duluan di baca,berikutnya, dan yang terkhir
  4. Memikirkan pembagian waktu dgn banyak materi , SKS apa yang dipilih, sempurna kah tanpa tdr atau SKS uniter kah yg dibatasi subuh (hal ini paling susah,kebanyakan waktu tak cukup, maka gunakan jam digital atw analog yang 28 jam keuntungannnya jam biasa terbatas hanya 24 jam)
  5. Sedia anti nyamuk atau sarung khusus daerah berpenduduk nyamuk tinggi
  6. Siap air minum secukupnya, kalau bisa lengkapi daftar menu di kamar anda dgn kopi atau permen karet secukupnya
  7. Penerangan yang cukup baik agar tdk tersesat dalam SKS ( gak ada lampu gmn bs belajar kan?)
  8. Sedia extra tools, sperti balsem, jepitan jemuran, loyang atau baskom, atau bs juga scotts emulsion dgn minyak ikan kod cair jgn tablet
  9. Siapkan foto Kedua Orang Tua ( Penyemangat dalam segala hal..)

kayaknya cukup yah persiapan kita.. selamat mencoba... ahahaha
mulai lah SKS dgn doa ( menurut keyakinan masing-masing ), belajarlah senyaman mungkin, minum secukupnya, apabila ngantuk minum lah kopi, atw mengunyah permen karet, tatapi wajah kedua orang tua kita ingatlah tujuan kita membahagiakan mereka dgn kesuksesan, apabila ngantuk semakin parah, dpt gunakan extra tools.. jepit kaki,paha atau pusar anda trus lepas ulangi secara teratur, dijamin ngantuk ilang dah,, kurang mempan isi baskom atw loyang dgn air.. masukkan kaki anda kedalamnya.. ngantuk pasti dingin dan duluan tdr..

Semua cerita, tips dan pengalaman diatas kurang lebihnya begitulah.. semangat dalam ber SKS ria.. tpi kalau bs hindari SKS,, mencobalah dgn sistem lain misalnya seperti Sistem Cicilan Tetap ( belajar tiap hari pada waktu2 tertentu yg dipertahankan secara terus menerus ), Sistem Belajar Kelompok , Sistem Ramalan dan Kisi2, atau Sistem Jalan Pintas ?? ahaha.. mungkin kita kan berbagi pengalaman dalam postingan berikutnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar